Selamat Datang di Blog Saya
Posted by : Unknown Selasa, 17 November 2015



11. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut
22. 10 manfaat blog :
a.       Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan Anda, merasakan kebermanfaatan blog Anda. Hitung-hitung cari pahala.
b.      Sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.
c.       Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.
d.      Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.
e.        Sarana untuk berkreasi, misalnya Anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.
f.       Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa bercerita apa saja yang ingin Anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca Anda. Sehingga pemikiran-pemikiran Anda dapat anda curahkan dengan plong.
g.      Menjadi media untuk mempopulerkan sesuatu atau diri sendiri. Banyak orang sukses, berawal dari iseng-iseng nge-blog.
h.      Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.
i.        Belajar untuk lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.
j.        Yang terakhir adalah memotivasi kita, untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pembaca. Karena sebagai manusia, tentunya kita ingin dipuji dari yang terbaik yang bisa kita berikan kepada pembaca/orang lain. Selain itu Anda juga akan berusaha belajar banyak hal.
 
33. Macam jenis blog menurut biaya
 a.  Blog Gratis (Free Blog)
Blog gratis adalah blog disediakan gratis oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, baik itu subdomain dan juga hostingnya. Blog ini memiliki ciri khas pada pencantuman nama pihak ketiga pada nama blog yang telah dibuat, misalnya maxmanroe.blogspot.com atau maxmanroe.wordpress.com. Penyedia layanan blog gratis yang sangat populer saat ini adalah Blogspot, WordPress, Tumblr dan lain sebagainya.
b.  Self-Hosting Blog
Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri, dan pemilik blog membayar layanan tersebut. Biasanya self-hosting blog ini dimiliki oleh blogger profesional dan juga para internet marketer. Contoh self-hosting blog adalah Radityadika.com, Ndorokakung.com, StartupBisnis.com, Maxmanroe.com, dan lain sebagainya.
44. Penyedia layanan blog gratis sebagai berikut :
1.      WordPress.com
2.      .BlogSpot.com (Blogger.com)
3.      BlogEtery.com
4.      TeraPad.com
5.      DagDigDug.com
6.      MyBlogRepublika.com
7.      BlogDetik.com
55. Langkah-langkah :       
                  a. Langkah-langkah membuat Blog Gratis:
1.      Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentunya adalah Email dari Google, atau kita sering menyingkatnya Gmail.
2.      Saya yakin 101% dari Anda sudah memiliki Akun Gmail, maka disini saya tidak perlu menjelaskan lagi cara membuatnya. Khusus (spesial) untuk Anda yang belum punya akun Gmail dan dan tidak mau repot mencari Tutorialnya di google. Maka Anda bisa membacanya langsung di Cara Daftar Email di Gmail (Google Mail).
3.      Setelah Anda menyapkan Akun Gmail yang akan Anda pakai untuk Membuat Blog, maka langkah selanjutnya tentu saja kita harus mengunjungi situs untuk membuat blog tersebut.
4.      Sesuai judul yang saya buat yaitu Membuat Blog di Blogger, maka disini kita akan mengunjungi situs http://www.blogger.com, walaupun blogger.com ini bukan satu-satunya tempat untuk membuat blog. Karena masih ada tempat untuk membuat blog lain, yang juga gratis, diantaranya adalah Wordpress dan Mywapblog.

b. Langkah-langkah memposting artikel (file) kedalam blog
1.  Buka browser anda.
2.  Kemudian masukan alamat situs www.blogger.com
3. Setelah itu masukan alamat gmail yang anda miliki serta masukan juga passwornya, lalu klik tombol Masuk.
4. Muncullah tampilan antar muka pada halaman dashboard blogger.
5. Klik tombol orange yang bergambar pensil
6. Lalu akan muncul media yang disediakan untuk menulis sebuah artikel. untuk menulis sebuah artikel pada blog sama halnya dengan menulis artikel pada Microsoft Word Office dan memiliki fungsi yang sama seperti Ctrl+A, Ctrl+B. ataupun bila anda menulis terlebih dahulu didalam Microsoft Word Office untuk memindahkannya anda tinggal Block dan di copy ke dalam media penulisan yang ada pada blogger.
7. Setelah selesai menulis artikel hal yang harus anda perhatikan adalah penulisan judul artikel/postingan dan klik tombol yang bertuliskan Publikasikan.
8. Setelah anda klik tombol Publikasikan, maka akan muncul halaman yang akan menampilkan semua post yang telah anda buat baik yang sudah dipublikasikan maupun yang baru anda simpan di dalam draft.
9. Jika sudah muncul halaman tersebut maka artikel yang kamu buat sudah berhasil di posting ataupun diterbitkan.
10. Apabila anda ingin melihat artikel yang baru saja anda terbitkan, anda bisa langsung mengklik tombol Lihat. dan jika anda ingin mengedit atau merubah postingan yang telah di terbitkan anda bisa klik tombol edit lalu tombol hapus jika anda ingin menghapus artikelnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Petualangan adalah Pengalaman - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -